VISI DAN MISI

VISI 
MEWUJUDKAN SISWA YANG BERAKHLAK MULIA, KREATIF, INOVATIF, MANDIRI DAN BERTANGGUNG JAWAB

MISI
  1. Melaksanakan kegiatan keagamaan.
  2. Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  3. Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan kreasi siswa.
  4. Melaksanakan kegiatan ektrakurikuler yang mendorong siswa untuk mandiri dan bertanggung jawab.

TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN

  1. Memiliki berbagai dokumen KTSP dan dokumen pembelajaran siswa.
  2. Memiliki guru yang memahami dan dapat mengimplementasikan KTSP.
  3. Memiliki guru yang dapat melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PAKEM/PAIKEM/CTL.
  4. Memiliki buku 1 dan 2.
  5. Memiliki output yang berahlak mulia.
  6. Memiliki siswa yang berbakat, kreatif, berpotensi, inovatif dan siap bersaing dalam event apapun.
  7. Memiliki siswa yang siap bertanding dalam bidang, PMR, Pramuka, Futsal, Volly Ball, basket, Seni Sunda, Story Telling, berpidato, Paskibra, dll.
  8. Memiliki MOU dengan 4 intansi sekolah/lain di luar pendidikan.
  9. Memiliki guru dan Staf TU yang memahami TUPOKSI dan berkinerja baik.
  10. Memiliki sarana prasarana yang lengkap sesuai dengan ketentuan Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  11. Memiliki berbagai dokumen pengelolaan sekolah seperti Visi/Misi, pendayagunaan berbagai sumber daya, KTSP, berbagai peraturan, berbagai program supervisi, berbagai administrasi, guru dan TU dan berbagai acara, berbagai dukungan komite.
  12. Memiliki berbagai dokumen keuangan yang lengkap.
  13. Memiliki berbagai dokumen penilaian yang bervariasi dan bermakna.



HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Standar Isi.
  2. Guru sudah dapat melaksanakan /mengimplementasikan KTSP dengan benar.
  3. Semua guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran PAIKEM/PAKEM.
  4. Semua guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran CTL.
  5. Semua guru dapat membuat RPP yang memperhatikan prinsip – prinsip pengembangannya.
  6. Sekolah sudah memiliki tim KTSP yang handal.
  7. Sekolah sudah dapat melaksanakan mulok unggulan sekolah.
  8. Sekolah telah memiliki buku 1 dan buku 2 yang benar dan memperhatikan prinsip pembuatnya.
  9. Standar Proses Pendidkan.
  10. Semua guru dapat membuat perencanaan, pelaksanaan penilaian dan tindakan lanjutnya dengan baik sesuai dengan prinsip - prinsipnya.
  11. Semua guru dapat melaksanakan remedial dan penganyaan dengan benar.
  12. Semua guru dapat memanfaatkan lingkungan, keadaan alam, kejadian alam, kekayaan alam, bencana alam menjadi sumber dan tempat belajar.
  13. Semua guru dapat melaksanakan pembelajaran di musium – musium / bengkel – bengkel, sanggar – sanggar dan lain – lain yang sifatnya merupakan penggalian ilmu pengetahuan bagi para siswa.
  14. Semua guru dapat melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan.
  15. Semua guru dapat memiliki metode yang tepat, sehingga siswa dapat aktif mengamati, bertanya, menganalisis, mensintesis dan mengumpulkan.
  16. Semua guru dapat membuat media belajar.
  17. Semua guru dapat melaksanakan penilaian yang lebih bervariasi dan bermakna (autentik assesment).
  18. Standar Kompetensi Kelulusan.
  19. Semua guru dapat membuat KKM indikator kompetensi dasar, mata pelajaran dan kurikuler/kurikulum/sekolah.
  20. Semua guru dapat melaksanakan pembelajaran tuntas.
  21. Semua guru dapat memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai tempat dan sumber belajar.
  22. Semua guru dapat menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif, dapat menghasilkan karya, dapat berinovatif.
  23. Semua guru dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menantang seperti mengamati suatu peristiwa/objek, membuat kliping, mading, karya ilmiah, outbound, mendaur ulang sampah, membuat pupuk dan lain – lain.
  24. Kegiatan ekstrakulikuler dan pengembangan diri, pengembangan keagamaan dapat terprogram, terlaksana, terevaluasi dengan baik.
  25. Sekolah dapat mensosialisasikan visi misi, tata tertib, kode etik, kedisiplinan, 7K, pelaksanaan UAS, pelaksanaan UKK, pelaksanaan US/UN, cara belajar dan berbagai program pengembangan kemampuan siswa dengan baik.
  26. Sekolah dapat merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai kegiatan KOB, hari – hari besar nasional/keagamaan, 7K, bakti sosial, persami, pentas seni dan berbagai kegiatan akademis baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
  27. Sekolah dapat membuat MOU dengaan sekolah dan instansi lain, untuk pengembangan pendidikan.
  28. Sekolah dapat membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi bimbingan belajar persiapan US/UN dengan baik serta mendikumentasikannya selama 4 tahun berturut – turut.
  29. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  30. Semua guru memiliki kualifikasi akademik S1.
  31. Semua guru mengajar belum sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
  32. Memiliki staf tu yang memahami tupoksinya dengan baik dan benar.
  33. Semua guru dan staf tu berkinerja baik.
  34. Kehadiran semua guru dan staf tu 80%.
  35. Guru yang lulus sertifikasi mencapai 22 orang.
  36. Semua guru dapat membuat RPP, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan penilaian sesuai dengan prinsip – prinsipnya.
  37. Standar Sarana dan Prasarana.
  38. Memiliki 21 rombel.
  39. Memiliki 1 buah laboratorium IPA dan peralatannya yang lengkap.
  40. Memiliki 1 buah perpustakaan dengan jumlah buku golongan 000 s.d golongan 900 ada 4000 eksemplar.
  41. Memiliki lemari KTSP/lemari 8 standar sesuai dengan bentuk guru dan jumlah rombel.
  42. Semua guru memiliki meja, kursi dan lemari/loker.
  43. Memiliki ruang BK, OSIS, PMR, Pramuka, UKS, Kesenian, OR, Ruang Ganti Pakaian dan Gudang.
  44. Memiliki ruang WC/kamar mandi 1 : 1 (Satu rombel : satu WC).
  45. Memiliki tempat OR/Aula terbuka OR yang representatif.
  46. Memiliki lapang basket yang sesuai aturan.
  47. Memiliki peralatan olah raga yang cukup sesuai kebutuhan siswa (bola volly, basket, lempar cakram, lompat jauh matras, dan lain - lain).
  48. Memiliki kaos tim: futsal puta/ putri, volly ball putra/putri, basket putra/putri, paskibra, LBB, sepak bola, upacara adat.
  49. Memiliki komputer dengan rasio 1:1.
  50. Memiliki lemari data Kepala Sekolah.
  51. Memiliki peralatan dokumentasi seperti handycam daan camera.
  52. Memiliki infocus yang cukup dan sesuai kebutuhan dengan rasio 1:8.
  53. Memiliki alat kesenian degung.
  54. Memiliki hotspot.
  55. Standaar Pengeloaan.
  56. Visi, Misi, tujuan dan strategi dapat tercapai.
  57. Semua kegiatan sekolah terencana, terlaksana dan terevaluasi dengan baik dan didokumentasikan.
  58. Pendayagunaan SDM terlaksana dengan baik/mencapai 100%.
  59. SK-SK, surat tugas-surat tugas daan dokumen-dokumen semuanya terdokumentasikan dengan benar.
  60. Buku KTSP (Buku 1 dan Buku 2), dan administrasi guru/staf tu dibuat dengan ketentuan yang telah di tentukan dan terdokumentasikan 100%.
  61. Sosialisasi kode etik guru, tata tertib siswa, peraturan akademik dan SK-SK pendayagunaan pendidik/tenaga pendidik dilaksanakan secara terencana dengan baik.
  62. Semua pemasukan dan penggunaan anggaran terdokumentasikan dan transparan.
  63. Program supervisi/monitoring ekstrakulikuler, pengembangan diri, proses pembelajaran, BK, Laboratorium, Perpustakaan dan Ketatausahaan dibuat dengan baik.
  64. Hasil supervisi didokumentasikan, dievaluasi dan ditindak lanjuti.
  65. Semua guru Staf TU tertib administrasi mencapai 100%.
  66. Memiliki kerja sama dengan seklah lain instansi lain sebanyak 4 instansi.
  67. Memiliki dukungan dari komite mencapai 98%.
  68. Standar Pembiayaan.
  69. Semua administrasi keuangan (Buku Tunai, Buku Bank, Buku Pajar) sekolah dibuat sesuai aturan dan lengkap 100%.
  70. Dukungan komite mencapai 100%.
  71. Standar Penilaian.
  72. Empat tahun ke depan, penilaian yang dilakukan guru sudah bervariasi dengan memperhatikan aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan jenis penilaian yang variatif seperti ulangan harian, ulangan blok, kuis, pekerjaan rumah, produk/hasil karya, pengamatan, cepat temat, TTS, penilaian proses, demonstrasi, penilaian tugas terstruktur dan lain – lain.
  73. Nilai yang diperoleh oleh SMPN 8 Purwakarta tiap tahun terus meningkat (Bahasa Indonesia rata – rata 8.00, Matemetika 7.75, Bahasa Inggris 7.57, IPA 8.65, PKn 8.20, IPS 8.30, Bahasa Sunda 8.00, TIK 8.00, Seni Budaya 8.20, PAI 8.00, Penjas 8.00, Mulok Pilihan 8.00).



1 komentar:

  1. assalamu alaikum wr wb maaf sebelumnya mau tanya apa ada lowongan buat tenaga guru honorer

    BalasHapus